Cara Mengatasi Xampp Tidak Bisa Start Apache dan Mysql

Cara Mengatasi Xampp Tidak Bisa Start Apache dan Mysql - Berikut merupakan cara untuk mengatasi xampp tidak bisa start apache dan mysql

Cara Mengatasi Xampp Tidak Bisa Start Apache dan Mysql
Cara mengatasi xampp tidak bisa start apache dan mysql - Seseorang developer pasti tidak asing dengan software xampp, xampp merupakan salah satu perangkat lunak web server local yang mendukung berbagai macam sistem operasi yang ada.

Saat melakukan instalasi xampp pada perangkat windows biasanya kita akan mendapatkan apache dan mysql dalam satu paket, yang tentunya akan membantu kita dalam proses pengembangan website.

Akan tetapi pada saat proses instalasi dan menjalankan xampp untuk pertama kali tidak jarang pengguna mengalami berbagai masalah atau error, salah satunya adalah xampp tidak bisa start apache dan mysql, sehingga server dan database tidak dapat berjalan dan mengakibatkan terganggunya aktivitas kalian.

Namun kalian tidak perlu khawatir akan hal ini, kami akan memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut cara mengatasi xampp tidak bisa start apache dan mysql :

  1. Langkah pertama adalah kalian buka terlebih dahulu xampp kalian
  2. Selanjutnya perhatikan pada apache lalu klik config lalu klik httpd.conf
  3. Maka akan terbuka sebuah dokumen, 
  4. Lalu kalian cari Listen 80 dan diubah menjadi Listen 8080
  5. Selanjutnya cari ServerName Localhost:80 dan diubah menjadi ServerName Localhost:8080
  6. Lalu Save dan close
  7. Selanjutnya perhatikan pada apache lalu klik config lalu klik httpd-ssl.conf
  8. Lalu kalian cari Listen 443 dan diubah menjadi Listen 4433
  9. Lalu kalian cari <VirtualHost _default_:443> dan diubah menjadi <VirtualHost _default_:4433>
  10. Lalu kalian cari ServerName www.example.com:443 dan diubah menjadi ServerName www.example.com:4433 lalu save dan close xampp.

Apabila sudah mengikuti langkah tersebut, kalian dapat membuka lagi xampp, lalu klik start pada apache dan mysql. Selanjutnya kalian masuk pada browser dan ketikan http://localhost:8080/phpmyadmin/ . Apabila tampil database dan tidak ada notifikasi error maka xampp kalian sudah berjalan secara normal.

Tadi merupakan cara untuk mengatasi xampp tidak bisa start apache dan mysql, silahkan kalian coba pada xampp kalian masing - masing dan semoga tutorial ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian.

Baca Juga : Cara Mengatasi Can't Connect To This Network Windows 10


© Rextereum. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld